Membuat VM (Virtual Machine) Proxmox menggunakan KVM

A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini saya akan mensharing tentang bagaiamna cara membuat virtual machine pada proxmox.


B. Latar Belakang
    Membuat VM untuk menginstall OS server. Contoh semisalkan kita hanya memwiliki satu server dan kita install proxmox. Kita bisa membuat virtual server lagi lebih dari satu tergantung jumlah core pada processor kita. Jadi nantinya pada satu server kita dapat menambahkan lagi beberapa server menggunakan teknologi virtualisasi. Latar belakang saya membuat artikel ini adalah ingin membuat VPS (Virtual Private Server) menggunakan teknologi KVM (Kernel-based Virtual Machine).

C. Alat dan Bahan
    1. PC.
    2. Kabel UTP.
   3. ISO Server.

D. Maksud dan Tujuan
    Agar tahu cara membuat virtual machine pada proxmox.

E. Pembahasan
- Pengertian VM
  Virtual Machine (VM) merupakan sebuah perangkat lunak dari sebuah perangkat mesin komputer yang memiliki fungsi persis seperti halnya komputer. Lalu pada proxmox sendiri ada dua cara untuk membuat VM. Menggunakan KVM dan menggunakan OpenVZ. Lalu apa perbedaan keduanya ?. KVM merupakan singkatan dari Kernel-Based Virtualitation Machine salah satu teknologi virtualisasi yang dikembangkan oleh linux dan mendukung mesin 64 bit. Kemudian OpenVZ. OpenVZ memiliki keunggulan lain yaitu bentuk isolasi sistem VM. Sehingga penggunaan memory lebih effisien dari pada KVM. Tapi OpenVZ hanya dapat menjalankan sistem operasi berbasis Linux seperti Centos, Fedora, Ubuntu, dan Debian. Lalu bagaimana cara membuat vmnya ? disini saya akan membuat VM menggunakan KVM.

1. Pastikan kalian sudah mengupload isonya ke proxmox. Disini saya akan menginstall Debian server. Klik create vm.


2. Disini kita diminta untuk mengisi node, VM ID, dan name. Node merupakan server yang kita gunakan dalam hal ini adalah server yang kita install proxmox. VM ID merupakan Identitas VM tersebut dan tidak boleh sama. Name adalah nama dari vmnya.


3. Disini kita disuruh untuk memilih tipe instalasi dan tipe dari OS. Karena tadi saya sudah mengupload iso debian saya ke storage saya, maka saya pilih metode instalasi  menggunakan iso image file iso. Contohnya seperti gambar dibawah.


4. Disini saya pilih default.


5. Pada step ini kita menentukan berapa besar harddisk yang akan kita gunakan.


6. Lalu menentukan core yang akan digunakan. Disini saya memilih 1 dan type default kvm.


7. Selanjutnya penggunaan RAM. Sesuaikan jumlah RAM yang akan digunakan.


8. Kemudian Network. Disini saya menggunakan settingan default.


9. Terahkhir akan muncul review tentang settingan yang telah kita buat tadi. Pastikan itu semua benar kemudian finish.


10. Selanjutnya adalah menjalankan VM yang telah kita buat tadi. Klik Datacenter lalu pilih hostname kalian. kemudian akan muncul VM ID dan nama VM yang kita buat. Klik VMnya piih Summary. Kemudian Klik Console lalu Start.


11. Kemudian akan muncul jendela baru. Kemudian kita bisa memulai menginstall debiannya seperti gambar di bawah.


F. Refrensi
    Ebook proxmox cloud computing virtualisasi.

     Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Membuat VM (Virtual Machine) Proxmox menggunakan KVM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel