Membuat VM (Virtual Machine) Proxmox menggunakan OpenVZ

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ?, kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan mensharng tentang tutorial membuat VM menggunakan OpenVZ.


B. Latar Belakang
    Latar belakang saya membuat artikel ini adalah ingin membuat VPS (Virtual Private Server) menggunakan teknologi OpenVZ. Salah satu teknologi virtualisasi di Proxmox Virtual Environment.

C. Alat dan Bahan
     1. PC.
    2. Kabel UTP.
    3. Internet.

D. Maksud dan Tujuan
    Agar tau cara membuat VM di Proxmox menggunakan teknologi OpenVZ.

 E. Pembahasan
    Open Virtuozzo (OpenVZ) merupakan teknologi virtualisasi untuk Linux. Jadi teknologi virtualisasi ini khusus digunakan untuk virtualisasi Linux, seperti contohnya Centos, Fedora, Ubuntu, dan Debian. Jika dibandingkan dengan KVM, OpenVZ memiliki kelebihan dalam bentuk isolasi VM sehingga penggunaan memory lebih effisien. Untuk membuat VMnya kita harus mendownload terlebih dahulu Container Templatenya. Ini sebagai pengganti dari ISO yang biasanya kita gunakan saat ingin menginstall sebuah sistem operasi.

Langsung saja saya buat VMnya. Disini saya pertama kali mendownload container templatenya. Remote dulu server anda via web. Ketikkan https://ipaddressserver:8006/. Jika sudah, masuk pada local server anda, kemudian kalian download tenplatesnya seperti gambar dibawah.


Akan muncul jendela baru dengan banyak pilihan template. Silahkan pilih template mana yang akan didownload.


Jika sudah terdownload, kemudian kita akan mulai membuat VMnya. Klik Create CT.


Setelah itu kita diminta untuk mengisi CT ID, Hostname, dan Password.


Lalu pilih template yang sudah didownload tadi.


Selanjutnya anda disuruh untuk menentukan besarnya harddisk yang akan digunakan (GiB).


 Tentukan berapa cores yang akan digunakan. Disini saya pilih satu.


Disini juga anda disuruh untuk menentukan jumlah RAM dan SWAP yang akan digunakan.


Selanjutnya anda disuruh untuk menentukan parameter network, disini berupa ip address dengan prefix atau netmasknya, dan Gateway.


Selanjutnya adalah DNS. Anda disuruh untuk menentukan DNS Server dan DNS Domain. Disini saya kosongi.


Terakhir akan ada review dari yang anda setting dari awal hingga akhir tadi. Pastikan semuanya sudah benar.


Setelah itu akan ada Task Viewer dari VM yang anda buat tadi.


 Jika berhasil maka akan ada VM yang anda buat tadi. Klik VM tersebut, kemudian jalankan dengan menekkan Start kemudian console.


Lalu akan muncul jendela berupa VM yang telah kalian buat tadi. Disini saya membuat VM menggunakan OS Debian 9. Masuk sebagai User : Root dan Password yang telah kita buat tadi.


F. Refrensi
    Ebook Proxmox Cloud Computing and Virtualisasi.

   Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Membuat VM (Virtual Machine) Proxmox menggunakan OpenVZ "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel