Hal - Hal yang Saya Lakukan Setelah Melakukan Instalasi Server Proxmox

A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr.wb, kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Karena kemarin saya sudah memposting tentang tutorial install proxmox, kali ini saya akan mensharing tentang hal - hal yang saya lakukan setelah melakukan instalasi proxmox.


B. Latar Belakang
    Melakukan beberapa konfigurasi yang dilakukan setelah menginstall server sebelum membuat VM.

C. Alat dan Bahan
    1. PC
    2. Internet
    3. Kabel UTP

D. Maksud dan Tujuan
     Agar mengerti dan paham tentang apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan instalasi server proxmox.


E. Pembahasan
    Sebelumnya langkah pertama saya akan meremote server menggunakan ssh. Ketikkan :
ssh@rootipaddresserver

    Update and Upgrade
    Selanjutnya update and upgrade system. Ketikkan :
apt-get update and apt-get upgrade


     Konfigurasi Locales
     Kita tentukan lokal sesuai dengan tempat kita tinggal. Ketikkan :
dpkg-reconfigure locales
    Kemudian ada option dari beberapa locales dari seluruh negara. Pilih id_ID.UTF-8 UTF-8.
 

Setlanjutnya pilih id_ID.UTF-8.


Kemudian tunggu beberapa saat hingga selesai.


    Setelah itu ketikkan locale-gen. Jika ada Generation complete berarti berhasil.


     Konfigurasi NTP
     Terakhir kita konfigurasi Network Timenya. Ketikkan :
nano /etc/ntp.conf
     Lalu cari :
pool 0.debian.pool.ntp.org iburst
pool 1.debian.pool.ntp.org iburst
pool 2.debian.pool.ntp.org iburst
pool 3.debian.pool.ntp.org iburst


    Dan ubah menjadi :
server 0.id.pool.ntp.org iburst
server 1.id.pool.ntp.org iburst
server 2.id.pool.ntp.org iburst
server 3.id.pool.ntp.org iburst 

    Jika sudah diubah selanjutnya kita restart. Ketikkan command /etc/init.d/ntp restart. Terakhir ketikkan command ntpq -p, lalu ketikkan date.


F. Refrensi
https://damargalih17.blogspot.com/2015/07/setelah-install-proxmox.html

    Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb.

0 Response to "Hal - Hal yang Saya Lakukan Setelah Melakukan Instalasi Server Proxmox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel