Tutorial menembak Wifi pada MIkroTik

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, ketemu lagi dengan saya di MY BLOG. Pada kesempatan kali ini saya akan mensharing tentang cara menembak wifi pada mikrotik.


B. Latar Belakang
     Menembak wifi merupakan sebuah cara untuk mengatasi dimana kita berada pada suatu area yang terdapat pada koneksi internet dan user yang dapat mengaksesnya terbatas. Dengan menembak wifi kita dapat menambah user yang dapat mengakses wifi menjadi lebih banyak. Tapi tentunya jangan lupakan etika. Kita harus tahu betul bila mana koneksi tersebut memang umum untuk publik "FREE" atau apakah koneksi tersebut ada yang punya ?.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Mikrotik RB941
     3. Winbox
     4. Internet
     5. Kabel UTP

D. Maksud dan Tujuan
     Untuk menambah user yang dapat mengakses koneksi tersebut.

E. Pembahasan

1. Buka winbox dan access mikrtoik.



2. Kita aktifkan interface wifi, klik interfaces => Wifi interfaces => klik centang.


3. Disini saya akan menembak wifi yang ada passwordnya. Jika wifi yang akan kita tembak memiliki password kita harus menyeting security profilesnya terlebih dahulu kemudian buat user untuk security profilenya, pilih protocol keamanan, dan isi password dari wifi yang akan kita tembak tersebut. klik Security Profiles => centang => General => Beri nama, pilih protocol keamnan, dan Isi Password => Apply => OK.



4. Lalu kita tembak wifinya. Klik Wifi Interfaces => wlan 1 => Wireless => Security Profiles (ubah ke profile yang telah dibuat tadi) => Scan.


5. Kita scan wifi yang akan kita tembak. Interfaces (pastikan wlan1) => Start => Pilih wifi yang ingin ditembak => Connect => Apply => OK.



6. Jika sudah R berarti sudah berhasil.


7. Setelah itu kita setting IP DHCP Client untuk wlan mikrotik kita. Karena kita menembak, jadi kita merupakan client yang mendapatkan IP dari wifi yang kita tembak. Klik IP => DHCP Client => klik icon (+) => Interfaces (wlan 1) => Apply => OK.



8. Jika sudah bound berarti kita sudah mendapatkan IP.


9. Setelah itu kita setting IP untuk laptop kita. Disini saya akan mengkonfigurasi DHCP untuk IP pada laptop. Kita setting dulu IP pada ethernet yang terhubung dengan laptop kita. Klik IP => Addresses => klik icon (+) => Beri IP dan tentukan interface yang terhubung pada laptop kita => Apply => OK.


10. Lalu setting DHCP. Klik IP => DHCP Server => DHCP Setup => tentukan interface yang terhubung pada laptop kita (ether2) => Next.


11. Klik Next.






12. Selanjutnya kita setting firewallnya pada interface wlan1 dan ether2. Kenapa harus disetting firewall ?. Pada mikrotik terdapat fitur NAT (Network Address Translation) dimana nantinya akan mentranslatekan IP Private kedalam IP Public sehinga kita dapat terakses ke internet. Klik IP => Firewall => NAT => klik icon (+)  => out interface (wlan1) => masquerade.




13. Ubah settingan IP pada laptop menjadi DHCP.


14. Lalu kita cek apakah sudah mendapat IP ?. Buka terminal linux (ctrl + alt + t) lalu ketikkan command ifconfig. Kita lihat pada wifi laptop sudah mendapatkan IP secara otomatis.


15. Lalu kita coba browsing di web browser. Jika sudah bisa berarti konfigurasi kita berhasil.


F. Refrensi
Mikrotik.ID

    Untuk sharingnya saya cukupkan sekian. Mohon maaf jika ada kesalahan baik dalam perkataan maupun pengetikkan, dan semoga bermanfaat,

Wassalamualaikum wr.wb

1 Response to "Tutorial menembak Wifi pada MIkroTik"

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel