Konfigurasi Static pada MikroTik

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? semoga baik - baik saja. Pada postingan saya kali ini saya akan mensharing tutorial tentang konfigurasi ip static pada mikrotik.


B. Latar Belakang
   Ip merupakan sebuah pengalamatan pada sebuah komputer. Diibaratkan kita mengirim sebuah surat. Kita harus tahu alamat yang akan kita tuju untuk melakukan pengiriman surat tersebut. Nah seperti itulah halnya ip untuk pengalamatan sebuah komputer. Jika kita ingin sali ong bertukar data kita harus tahu ipnya baik itu dari source ip dan destination ip (ip pengirim dan ip tujuan).

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Mikrotik RB750
     3. Winbox
     4. Kabel UTP

D. Pembahasan
   Static ip merupakan pengisian tabe ip secara manual oleh administrator jaringan. Jadi satng administrator jaringan tersebut nantinya memasukkan ip yang sesuai. Apakah ip itu nantinya akan dibuat satu network, berapa gatewaynya, berapa previxnya dan lain - lain. Baiklah langsung saja kita lakukan konfigurasinya

1. Kita hubungka dulu laptop kita dengan mikrotik menggunakan kabel utp model straight dan kita atur ip pada laptop kita. Disini saya menggunakan default ip dari mikrotik (192.168.88.1).


2. Lalu kita buka tool winbox kita. Lal masuk pada winboxnya dengan cara memilih neighbours, lalu pilih mac address dan klik connect.


3. Lalu kita konfigurasi ipnya. Caranya ketik ip => addresses. Setelah itu kalian klik icon (+) lalu buat ipnya. Setelah itu kalian tentung ethernet berapa yang digunakan. Disini saya menggunkan port ethernet 2. Lalu kalain close winbox kalian.


4. Lalu kalian masuk ke pengaturan laptop kalian, ubah ip pada laptop kalian sesuai dengan  ip yang kalian setting tadi pada mikrotik.


5. Setelah itu kalian buka lagi tool winbox kalian. Karena tadi kita sudah mengkonfigurasi ip static maka sekarang kita masuk menggunakan ip address. Klik ip addreaanya lalu klik connect.


6. Lalu kita coba test ping pada mikrotik kita. Klik new terminal lalu kita ping dengan ip yang kita buat tadi pada interface ethernet.


7. Setelah bisa test ping pada mikrotik, sekarang kita test ping pada laptop kita apakah bisa terkoneksi. 


Laptop kita sudah bisa terkoneksi. itu tandanya konfigurasinya berhasil.

F. Refrensi
Ebook Mikrotik Mtcna 2012

    Nah itu dia sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf jika ada salah kata atau penegetikan, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Konfigurasi Static pada MikroTik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel