Konfigurasi Anonymous User Login FTP Server Debian 8 Jessie

A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan mensharing tentang konfigurasi anonymous login FTP server Debian.


B. Latar Belakang
   Kemarin saya telah mengkonfigurasi FTP Server pada debian. Jika ingin mendownload sebuah file, baik itu berupa gambar, video ataupun yang lainnya, kita harus memasukkan athentication berupa username dan password. Kemudian apakah bisa jika kita tanpa memasukkan username dan password ? tentu saja bisa. Dengan cara konfigurasi anonymous user login.

C. Alat dan Bahan
    1. PC
    2. Virtual box
    3. Internet

D. Manfaat dan Tujuan
     Dapat melakukan konfigurasi anonymous user login FTP.

E. Pembahasan

1. Pertama kita konfigurasi dulu FTP Server. Jika belum silahkan lihat disini. Jika sudah terkonfigurasi, kemudian kita akses filenya. Silahkan buka browser, lalu ketikkan ftp://ip_address_server/domain. Kemudian akan diminta untuk memasukkan username dan password.


2. Kemudian anda baru bisa login dan mengakses filenya. Lalu bagaimana jika kita dapat mengakses filenya tanpa harus memasukkan username dan password ?.


3. Kita konfigurasi FTP. Dengan mengetikkan command nano /etc/proftpd/proftpd.conf.  Lalu kita tambahkan scriptnya.

<Anonymous /directory>
User useranda
UserAlias anonymous useranda
</Anonymous>

<Anonymous /home/mimin>
Usermimin
UserAlias anonymous mimin
</Anonymous>

 4. Lalu coba akses kembali dengan mengetikkan ftp://ip_address_server/domain di browser anda. Jika berhasil maka anda akan langsung bisa login tanpa harus memasukkan username dan password.


    Anonymous User Login dapat diterapkan ketika kita ingin membagikan file atau semacamnya kepada public. Jadi semisalkan public ingin mengaksesnya, tidak perlu menggunakan username dan password.

F. Refrensi 

     Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalmualaikum wr.wb

2 Responses to "Konfigurasi Anonymous User Login FTP Server Debian 8 Jessie"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel