Penjelasan Tentang Network Adapter Pada VMWare Workstation

Assalamualaikum wr.wb


Apa kabar semuanya ?, kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada Kesempatan saya kali ini, saya akan mensharing tentang sedikit penjelasan tentang network adapter pada vmware workstation. Artikel ini saya buat untuk temen - temen yang baru belajar tentang vmware seperti saya. Jadi, semisalkan ada yang sekiranya salah dari saya, silahkan tulis di kolom komentar yang salah dibagian yang mana.

Oke, untuk memberi gambaran awal, silahkan lihat ilustrasi sederhana dibawah yang saya buat tentang type network adapter pada vmware workstation.



Oke, seperti ilustrasi diatas, terdapat 1 buah PC yang sudah terinstall Vmware yang terinstall 5 Virtual Machine. Lalu ada 3 PC dan 1 buah access point yang terkoneksi dengan VMs menggunakan vmnet 19 dan 20 yang dicustom sebagai bridge adaptor. Terakhir ada 4 Virtual Machines yang saling terkoneksi dengan network adapter menggunakan Lan Segment.

Berikut Penjelasan singkatnya :

Bridge, model network ini berfungsi untuk menjembatani antara VMs agar dapat terhubung dengan real network seperti pc fisiknya dengan perantara NIC baik itu menggunakan ethernet atau menggunakan wireless. 

Host Only, model network ini berfungsi agar VMs dapat terkoneksi dengan pc fisiknya saja dan tidak dengan jaringan yang sedang terkoneksi ke pc fisik tersebut. Untuk defaultnya adalah vmnet 1.

Nat, model network ini fungsinya sama dengan Bridge yaitu agar VMs dapat terhubung dengan real network seperti pc fisiknya tapi  ip yang didapat tidak satu segment.

LAN Segment, model network ini berfungsi untuk menghubungkan VMs satu dengan VMs lainnya yang berbeda dengan syarat LAN Segment harus sama. Jika belum jelas, bisa lihat gambar ilustrasi diatas.

Custom, model network ini merupakan sebuah fitur dimana administrator dapat mengcustom sendiri mode connectionya dengan menggunakan vmnet yang tersedia. Contoh gambar ilustrasi diatas, pada vmnet 19 dan 20 saya custom untuk model bridging.


Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah, dan semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca.


Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Penjelasan Tentang Network Adapter Pada VMWare Workstation"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel