Perbedaan Wifi dan Hotspot

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, wekcome to MY BLOG. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing sedikit tentang perbedaan Wifi dan Hotspot.



B. Latar Belakang
  Jaringan wifi dan hotspot merupakan salah satu teknologi jaringan nirkabel atau tanpa kabel. Terkadang kita menjuluki kedua hal tersebut adalah sama, tapi nyatanya keduanya merupakan dua hal yang berbeda.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan
   Dengan adanya wifi dan hotspot kita jadi dapat dengan mudah untuk mengakses internet secara gratis. Mengakses internet ditempat umum dan tentunya harus dengan etika. Kenapa ? karena kita juga harus tahu batasan. Dimana hotspot atau wifi tersebut memang benar free atau gratis untuk public ataukah hotspot atau wifi tersebut ada yang punya. Hendaknya kita meminta izin terlebih dahulu. Semisalkan free, kita juga harus tahu aturan dan jangan semena - mena menggunakan untuk hal yang dilarang.

E. Pembahasan
   Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang pada umumnya terpadapat pada Local Area Network (WLAN) yang didasarkan pada standard IEEE 802.11 (merupakan bagian dari protocol LAN 802). Hotspot merupakan sebuah area dimana orang yang berada pada area tersebut dapat mengakses internet, biasanya hotspot menggunakan teknologi WIFI melalui jaringan local (WLAN) menggunakan router yang terhubung langsung kepada Internet Service Provider (ISP).
    Lalu apa perbedaan Wifi dengan Hotspot ? Wifi merupakan sebuah teknologi nirkabel yang pada umumnya terdapat pada local area network seperti contohnya yang terdapat pada rumah dan digunakan untuk komunikasi data, dan jika hotspot adalah sebuah area dimana kita dapat mengakses internet menggunakan teknologi wifi. Banyak perangkat end device sudah support dengan teknologi wifi seperti contohnya laptop, hp, game console, monitor, printer, dan lain - lain. Pada hotspot biasa nya menggunakan access point yang terhubung kepada router sebagai gateway agar terhubung kepada ISP agar dapat mengakses internet. Jadi tanpa wifi tidak akan ada hotspot. Dan hotspot adalah sebush tempat yang menyediakan akses internet.

Berikut adalah tampilan dari login hotspot pada mikrotik. :



Disini kita dapat menggunakan dua tipe hotspot yaitu hotspot trial dan public hotspot. Dimana hotspot trial kita gunakan dengan batasan waktu tertentu. Sedangkan hotspot public ini, kita harus memasukkan username dan password kita agar kita bisa mengakses internet. 

F. Kesimpulan 
Jadi wifi itu merupakan sebuah teknologi jaringan nirkabel atau tanpa kabel yang merupakan bagian dari standard IEEE 802.11  dimana dapat berkomunikasi data dan biasanya terdapat pada jaringan local area network. Hknotspot merupakan sebuah area dimana kita dapat mendapatkan koneksi internet dengan menggunakan teknologi wifi.


G. Refrensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
https://en.wikipedia.org/wiki/IEEE_802.11

Nah itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf bila ada salah kata dan pengetikkan. Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Perbedaan Wifi dan Hotspot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel