Konfigurasi Tunneling EoIP pada MikroTik

A. Pendahuluan
Assalamualaikum wr.wb, kembali lagi dengan saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini saya akan mensharing tentang konfigurasi EoIP tunneling pada mikrotik.


B. Latar Belakang
EoIP Tunneling merupakan sebuah protocol pada mikrotik yang membentuk sebuah tunnel. Dimana nantinya kita bisa salingh terkoneksi antar kantor yang berbeda kota atau pulau menggunakan ISP.

C. Alat dan Bahan
    1. PC
     2. Mikrotik RB941 2 buah
     3. Winbox
     4. Kabel UTP
     5. Internet.

D. Maksud dan Tujuan
Melakukan konfigurasi EoIP dan menjadi paham.

E. Pembahasan
EoIP Tunnel merupakan salah satu protocol pada mikrotik. Selain EoIP juga ada PPP. PPPoE, PPTP, dan lain - lain. Nantinya pada EoIP ini menggunakan ISP agar bisa saling terkoneksi. Kenapa tidak menggunakan kabel ? Bayangkan saja jika jarak antara perusahaan A dan perusahaan B adalah antar pulau. Jika menarik kabel pastinya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu menggunakan ISP. EoIP membentuk tunnel yang akan menggabungkan lebih dari satu perusahaan menjadi satu network agar bisa saling terkoneksi. Untuk lebih jelasnya marEoIP Tunnel merupakan salah satu protocol pada mikrotik. Selain EoIP juga ada PPP. PPPoE, PPTP, dan lain - lain. Nantinya pada EoIP ini menggunakan ISP agar bisa saling terkoneksi. Kenapa tidak menggunakan kabel ? Bayangkan saja jika jarak antara perusahaan A dan perusahaan B adalah antar pulau. Jika menarik kabel pastinya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Maka dari itu menggunakan ISP. EoIP membentuk tunnel yang akan menggabungkan lebih dari satu perusahaan menjadi satu network agar bisa saling terkoneksi.i kita lakukan konfigurasinya.

Kemudian kita buat EoIP Tunnelnya terlebih dahulu. Caranya yaitu klik menu pada Interfaces=> Interface=> Tambahkan Rule (+)=> EoIP Tunnel=> General=> Apply=> OK.



 Kemudian kita membuat menjadi mode Bridge. Caranya yaitu klik Bridge=> Interfaces Bridge=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Name (Nama Bridge)=> Apply=> OK.


Kemudian kita membuat EoIP Tunnel menjadi Bridge. Caranya yaitu klik Port=> General=> Interface (EoIP-Tunnel1)=> Bridge (Bridge 1)=> Apply=> OK.


Kemudian kita membuat ether yang kita gunakan menjadi bridge. Caranya klik Ports=> Tambahkan Rule (+)=> General=> Interface (Ether yang digunakan)=> Bridge (bridge yang telah kita buat tadi)=> Apply=> OK.


 Kemudian kita pindah ke menu interface dan pilih EoIP Tunnel.


Kemudian kita masukkan IP dari ISP yang kita gunakan. Caranya klik General=> Remote address (IP ISP)=> Tunnel ID (samakan dengan ID dari MikroTik yang terhubung).


F. Refrensi
Ebook MTCNA 2012.

Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb


1 Response to "Konfigurasi Tunneling EoIP pada MikroTik"

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel