Backup and Restore MikroTik

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, kembali lagi dengan saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini saya akan mensharing tentang fitur backup dan restore pada mikrotik.


B. Latar Belakang
  Backup dan Restore merupakan salah satu fitur pada mikrotik. Iya fitur digunakan untuk membackup (mencandangkan) dan merestore  (mengembalikkan).

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Mikrotik RB941
     3. Winbox.
     4. Kabel UTP.

D. Maksud dan Tujuan
     Melakukan konfigurasi EoIP dan menjadi paham.

E. Pembahasan
   Backup dan Restore pada mikrotik digunakan untuk mencandangkan dan mengembalikan. Apa yang dicandangkan dan dikembalikan ? yang dicandangkan dan dikembalikan adalah konfigurasi. Dengan fitur Backup kita bisa mencandangkan konfigurasi yang telah kita buat. Semisalkan kita telah melakukan konfigurasi dan kita tidak ingin konfigurasi kita hilang kita bisa backup. kemudian adalah Restore. Fitur ini digunakan untuk mengembalikkan konfigurasi yang telah kita backup. Jadi semisalkan kita telah membackup lalu router telah kita reset kita bisa mengembalikan konfigurasi kita. Untuk lebih lanjut saya akan melakukan konfigurasinya.

Backup

Klik Files => Backup. Beri nama sesuai yang diinginkan. Disini kita bisa menentukan apakah file backupan diberi password atau tidak. Jika idak check list pada Don't encrypt. Lalu Apply => Ok.


Restore


Di menu Files pilih file yang ingin direstore. Lalu klik restore => Yes. Kemudian router akan reboot atau merestart. Tunggu saja sampai routernya hidup kembali.



F. Refrensi
Ebook MikroTik MTCNA 2012

    Sekian dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata maupun dari pengetikan, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Backup and Restore MikroTik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel