Konfigurasi DHCP Server pada MikroTik


A. Pendahuluan
   Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang konfigurasi IP DHCP pada mikrotik RB750.


B. Latar Belakang
Coba bayangkan jika kita mempunyai project yang besar ?, lalu kita mengkonfigurasi static pada routernya. Itu sangat tidak effisien karena bisa saja terjadi kesalahan yang dilakukan oleh sang administrator dan juga nantinya belum mengkonfigurasi PC Clientnya satu persatu. Apakah ada cara yang lebih effisien ? saya jawab ada dengan cara mengkonfigurasi DHCP.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Mikrotik RB750
     3. Winbox
     4. Kabel UTP

D. Pembahasan
   Dynamic Host Configuration Protcol atau biasa disingkat DHCP bila mana pengisian tabel ip secara otomatis dilakukan oleh intermedia device. DHCP ini ada empat tahapan yang disebut DORA (Discover, Over, Request, Acknowledgement). Discover ini nantinya adalah router tersebut memeriksa kepada pc clientnya apakah membutuhkan IP atau tidak. Setelah itu adalah Over, bila mana pc client tersebut mengecek apakah pada router tersebut tersedia IP atau tidak. Lalu Request adalah client merequest IP dari router, dan terakhir Acknowledgement adalah router memberikan IP kepada client. Nah itu merupakan cara kerja dari DHCP. Sekarang kita lakukan konfigurasinya.

1. Kita ganti ip pc kita menjadi ip default pada mikrotik (192.168.88.1).


2. Lalu masuk tools winbox kita. Setelah itu kita langsung remote mikrotiknya dengan cara mengklik MAC Address. Lalu klik connect.


3. Selanjutnya kita setting ip pada interface ethernet kita. Klik IP => addresses => klik icon (+).



4. Kita buat ip kita dan kita tentukan interface yang kita digunakan. Disini saya menggunakan interface ethernet 2 jadi kita pilih ether2. Lalu klik apply => ok.


5. Kita setting IP DHCP Servernya. Klik IP => DHCP SERVER => DHCP SETUP


6. Disini kita pilih DHCP interfacenya.


7. Klik Next.


8. Klik Next.

9. Klik Next.


10. Klik Next.


11. Klik Next.



12. Setelah itu kita setting ip pada laptop. Yang tadinya default mikrotiknya adalah manual kita ubah menjadi Automatic (DHCP).


13. Lalu kita cek ip kita. Ketikkan command ifconfig pada terminal. 

Disini kita lihat en01 yang merupakan ethernet dari komputer telah mendapatkan IP secara otomatis.
14. Lalu kita buka kembali tools winbox kita dan kita cob remote mikrotik kita. Kita masuk menggunakan IP. Klik pada ip lalu klik connect.



15. Lalu coba test ping dengan IP Laptop. Klik New Terminal. Lalu ping (IP Laptop).


16. Jika sudah bisa ping, sekarang kita coba ping kembali pada laptop dengan ip pada mikrotik yang telah kita setting . Buka terminal Linux, lalu ping (IP Mikrotik).


F. Refrensi
E book Mikrotik Mtcna 2012

    Nah itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf bila ada salah kata, dan Semoga ini semua bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Konfigurasi DHCP Server pada MikroTik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel