Transport Layer

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, selamat malam kali ini kita akan membahas tentang kelanjutan dari layer kelima kemarin yaitu layer ke empat Transportation Layer.


B. Latar Belakang
     Ingin mengetahui tentang proses yang terjadi pada Transport Layer.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan 
     Agar lebih memahami tentang cara pengiriman data yang terjadi pada transportation layer.

F. Pembahasan
  Sesuai dengan namanya, transportation layer merupakan sebuah lapisan yang bertugas mengirimkan data menjadi paket - paket data yang masing - masing paket diberi nomor urut. Selain itu pada lapisan ini memberi tanda bahwa paket telah diterima dan mentrasmisikan ulang pada paket data yang hilang.
  Maksud pemecahan data menjadi paket - paket data serta pemberian nomor urut pada setiap paket data dapat kita ibaratkan sebagai pengiriman barang. Semisalkan kita ingin mengirimkan sebuah komputer. Komputer itu sendiri terdiri dari beberapa bagian yakni Monitor, CPU, Keyboard, dan Mouse. Tidak mungkin kita mengirim komputer dalam keadaan utuh pada satu box. Agar dapat mengirim komputer tersebut kita harus membagi komputer tersebut menjadi beberapa bagian kedalam beberapa box dan diberi label nama pada masing - masing box tersebut agar tidak tertukar. Setelah itu lalu kita bisa kirim dan setelah sesampainya pada tujuan, bagian - bagian komputer tersebut dirakit kembali menjadi utuh seperti semula.

      Protocol sebagai servis yang diimplementasikan pada trasnport layer :

1. Protocol TCP (Transmission Control Protocol)
Protocol pada transportation layer yang paling umum digunakan pada jaringan internet, karena kelebihannya yaitu adanya koresksi kesalahan. Dengan menggunakan protocol TCP proses pengiriman data akan terjamin karena disebabkan oleh adanya flow control. Flow control menentukan kapan data harus dikirim kembali, dan menghentikan pengiriman data paket sebelumnya, sampai data berhasil dikirim kembali.

2. Protocol UDP (User Data Program)
UDP sendiri merupakan salah satu protocol pada TCP. UDP menggunakan model komunikasi tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang mengunakan protocol TCP. UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan ke sebuah protokol lapisan selanjutnya dengan menggunakan protocol TCP/IP. Header dalam datagram UPP berisi IP Address. Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai Datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan "Acknowledgment". Contoh dari yang menggunakan layanan servis UDP salah satunya adalah Game Online.    

3. Protocol ICMP (Internet Control Message Protocol)
Pada Transport layer, ICMP berbeda dengan TCP dan UDP. Protocol ini biasa digunakan untuk tujuan untuk  diagnostik atau kontrol atau menampilkan kesalahan dalam Pengiriman paket. TTL atau Time To Live merupaka mekanisme yang digunakan untuk mendiagnosis berapa lama rentang waktu untuk mengirimkan sebuah data. Setelah waktu telah selesai data akan dibuang atau divalidasi ulang.

    Nah, itu dia sedikit yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

F. Refrensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Control_Message_Protocol
https://en.wikipedia.org/wiki/Time_to_live
https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/macam-macam-protokol-jaringan

0 Response to "Transport Layer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel