Session Layer

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, selamat malam teman - teman kali ini kita akan melanjutkan tentang model osi, layer ke lima yaitu Session Layer.

B. Latar Belakang
     Ingin mempelajari lebih dalam tentang proses yang terjadi pada Session layer.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan
     Menjadi lebih faham dan mengerti serta tau juga proses yang terjadi pada session layer.

E. Pembahasan
    Session layer merupakam salah satu layer pada model osi yang bertugas membuat koneksi, menjaga koneksi, dan mengakhiri koneksi. Pada layer ini terdapat protocol yang berjalan salah satunya adalah NetBIOS yang memungkinkan sebuah aplikasi dapat berkomunikasi dalam sebuah jaringan local (LAN).

     Jenis - jenis Komunikasi Pada Session Layer

1. Simplex
  Simplex merupakan suatu bentuk dari komunikasi yang simple dan juga sederhana. Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi dimana suatu data berjalan secara searah dan tidak ada hubungan timbal balik antara komunikasi.

2. Half - Duplex
    Half - Duplex merupakan komunikasi dua arah dan ada hubungan timbal balik antara dua perangkat jaringan. Namun, proses balasan memiliki sifat yang terbatas, dan hanya dapat dilakukan secara bergantian. Misalkan, komputer A mengirimkan pesan kepada Komputer B, maka komputer B harus menunggu pesan itu harus sampai terlebih dahulu, kemudian baru komputer B dapat membalas pesan kepada koputer A dan begitu juga sebalinya.

3. Full - Duplex
    Berbeda dengan Half - duplex yang dimana pesan harus dikirim secara bergantian dan waktu tertentu, maka Full - Duplex merupkan bentuk komunikasi dua arah, yang biasa dilakukan secara bersamaan dan juga tidak dibatasi oleh waktu, sehingga tidak perlu bergantian mengirim pesan. Misalkan Komputer A ingin mengirim pesan ke Komputer B, maka Komputer B juga bisa langsung mengirimkan pesan kepada komputer A tanpa harus menunggu pesan dari komputer A.

    Ketiga komunikasi inilah yang didefinisikan pada session layer yang memungkingkan komunikasi anatara dua perangkat.

F. Refrensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Session_layer
https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/session-layer-jaringan-komputer

Itu dia sedikit yang bisa saya jelaskan tentang session layer. Sekian dari saya dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Session Layer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel