Tutorial Install Debian 9 Stretch

A. Pendahuluan
  Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya kembali dengan saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini saya akan mensharing tutorial install Debian 9 Stretch.


B. Latar Belakang
     Mempelajari cara menginstall Debian 9.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Debian 9 ISO.
     3. Virtual Box

D. Maksud dan Tujuan
     Melakukan instalasi debian dengan benar.

E. Pembahasan

Pilihan Mode Install
Disini terdapat dua pilihan mode intsallan yaitu Graphical Install dan Install. Pada Graphical install dia ada Graphic atau gambar beda dengan install biasa. Tampilannya hanya CLI. Disni kita pilih Install.


Pemilihan Bahasa
Disini kita milih bahasa yangakan diinstall. Kita pilih saja bahasa internasional yaitu English.


Country
Karena kita tinggal di Indonesia, dan Indonesia terletak di Asia kita pilih Other=>Asia=>Indonesia.




Pilih Locales
Kita pilh saja locales defaultnya yaitu united states.


Mode Keyboard
Kita pilih saja defaultnya yaitu american english.


Network
Karena saat menginstall debian saya tidak menggunakn internet atau offline, saya tidak mengkonfigurasi networknya. Kita pilih saja comtinue =>Do not configure the network at this time.



Hostname
Kita beri hostname. Disini bisa diisi sesuai keinginan anda.


Domain name
Disini kita beri nama domain.


Password Root
Disini kita disuruh untuk memasukkan password. Perhatikan juga password yang anda buat. Karena kamanan itu sangat penting. Setelah itu nanti akan disuruh untuk menulis kembali password yang telah dibuat untuk verifikasi.


User
Disini anda akan diminta untuk membuat user. User ini tingkatannya lebih rendah dari user root


Username
Disini username merupakan nama unik yang tidak bisa digunakan oleh user lain. Perlu diperhatikan juga pada penulisan username ini tidak mendukung untuk menggunakan spasi.


Password username
Disini kita beri password untuk username kita.


Konfigurasi Waktu
Karena saya tinggal di Jawa Tengah saya memilih Western untuk zona waktunya.



Partisi Harddisk
Disini saya asumsikan kita belum bisa membagi partisi secara manual. Jadi kita pilih Guided-use entire disk.

Pilih harddisknya.


Lalu pilih All files in one partition (reomended for the new users).


Setelah itu pilih Finish. Lalu yes.



Lalu kita tunggu proses instalasi selesai.


Scan disk
Disini kita pilih no.


Network Mirror
Disini kita disuruh untuk memilih repository paket sesuai yang tersedia. Disini saya pilih untuk tidak menggunakn repository manapun karena akan saya konfigurasi setelah install. Kita pilih Go Back=>Yes.



Popularity Content
Disini kita pilih Yes saja.


Paket yang Diinstall
Disini saya hanya memilih paket standard system utilitiess yang akan diinstall.


Grub Loader
Kita install Grub Loadernya. Pilih Harddisknya.



Proses installasi sudah selesai.



Kita coba masuk user root yang telah kita buat tadi. Dan akhirnya berhasil


F. Refrensi

    Nah itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.
Wassalmualaikum wr.wb

0 Response to "Tutorial Install Debian 9 Stretch"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel