Troubleshoot tidak bisa login PhpMyAdmin #1698 - Access denied for user 'root'@'localhost'

A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan mensharing tentang troubleshoot tidak dapat login di phpmyadmin (#1698 - Access denied for user 'root'@'localhost').


B. Latar Belakang
     Melakukan troubleshooting tidak dapat login di PhpMyAdmin.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Manfaat dan  Tujuan
     Agar dapat login di PhpMyAdmin.

E. Pembahasan
   Disini saya membuaka browser lalu ingin login ke phpmyadmin saya. Tapi tidak bisa. username dengan passwordnya salah. Padahal yang sudah memasukkan username dan password yang sesuai saat waktu saya menginstall phpmyadmin. Contoh errornya seperti gambar dibawah. Lalu bagaimana cara troubleshootnya ? silahkan simak.


1. Buka terminal lalu masuk Super User. Lalu kita reinstall phpmyadminnya. Ketikkan perintah "dpkg-reconfigure phpmyadmin".


2. Lalu pilih ok.


3. Disni pilih Yes.


4. Di Metode connection untuk data basenya kita pilih unix socket. Lalu ok.


5. Kita isi nama data base. Defaultnya disini adalah phpmyadmin. Jika ingin diganti silahkan. Tapi saya sarankan untuk menggunakan nama defaultnya.


6. Lalu pilih Ok.


7. Kita ubah username untuk data base sesuai dengan apa yang kita inginkan.


8. Lalu kita ubah juga username untuk phpmyadminnya.


9. Lalu beri passwordnya.


10. Ketikkan kembali password untuk konfirmasi.


11. Disini kita ketikkan juga username sesuai dengan apa yang telah kita setting sebelumnya.


12. Pilih service web servernya. Karena disini saya menggunakn apache2 untuk web server, jadi disini pilih apache2.


13. Disini kita pilih ok.


14. Setelah proses reinstall selesai, kita coba buka kembali browser kita, lalu ketikkan localhost/phpmyadmin. Masukkan username dan password. Jika berhasil maka hasiknya akan seperti dibawah.


15. Masukkan username dan password. Jika berhasil maka hasilnya akan seperti dibawah.



F. Refrensi
    Teman - teman BLC.

    Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Troubleshoot tidak bisa login PhpMyAdmin #1698 - Access denied for user 'root'@'localhost'"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel