Konfigurasi Remote SSH Debian 9 Stretch

A. Pendahuluan
   Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali ladi dengan saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan mensharing tutorial Konfigurasi Remote SSH Debian.


B. Latar Belakang
     Menginstall ssh untuk meremote server.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Virtualbox

D. Maksud dan Tujuan
     Dapat menginstall ssh, juga dapat meremote server.

E. Pembahasan
  Sedikit pembahasan tentang OpenSSH Server. OpenSSH adalah sebuah versi GRATIS dari alat untuk meremote server yaitu SSH yang penggunaannya melalui Internet. OpenSSH mengenkripsi semua lalu lintas (termasuk password) sehingga lebih aman. Selain itu, OpenSSH menyediakan kemampuan tunneling aman dan beberapa metode otentikasi, dan mendukung semua versi protokol SSH. Untuk cara kerjanya dari SSH ini adalah kita bisa meremote server kita jika kita berada satu jaringan dengan server kita. Untuk konfigurasinya langsung saja.

1. Pastikan antara debian dan laptop terhubung.


2. Lalu kita install SSHnya. Ketikkan perintah seperti di gambar.


3. Jika sudah terinstall, kita bisa melihat Versi berapa SSH kita dengan perintah SSH -V.


4. Selanjutnya saya akan meremote server saya. Buka terminal, ketikkan perintah "ssh (hostname)@ipaddress".


5. Secara default Port SSH adalah 22. Disini saya mengganti Port SSH dengan alasan untuk lebih aman. Ketikkan command "nano /etc/ssh/sshd_config". Lalu hilangkan tanda # pada Port dan ganti portnya. Jumlah port ada 65.535 kalian bisa memilih sendiri.


6. Kita coba remote kembali server kita. Ketikkan command pada terminal "ssh (hostname)@ipaddress -p (nomorport). Jika berhasil maka akan seperti gambar dibawah.


F. Refrensi
    https://www.server-world.info/query?os=Debian_9&p=ssh&f=1
    Buku Konfigurasi Debian Server By Aji Kamaludin

    Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Konfigurasi Remote SSH Debian 9 Stretch"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel