Netinstall MikroTik

A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? ketemu lagi dengan saya di MY BLOG. Kali ini saya akan mensharing bagaimana cara melakukan netinstall pada MikroTik.


B. Latar Belakang
     Melakukan netinstall untuk mengupgrade versi router os kita menjadi ke versi yamg terbaru.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. MikroTIk RB941
     3. Kabel UTP
     4. Package install
     5. Netinstall, jika belum download bisa download disini

D. Maksud dan Tujuan
     Melakukan netinstall dan paham caranya.

E. Pembahasan

1. Download terkebih dahulu paket yang ingin diinstall sesuai dengan versi dari mikrotik kalian. Silahkan download di https://mikrotik.com/download. Disini mikrotik yang akan saya netinstall adalah RB750. RB750 disini support package mipsbe. Jadi disini saya mendownload package mipsbe.


2. Bisa dilihat gambar dibawah, versi dari mikrotik saya adalah 6.42. Disini saya akan mengupgrade ke versi yang terbaru yaitu ke versi 6.44


3. Kita buka netinstallnya. Lalu setting ipnya di net booting. Ip yang dimaksud disini adalah ip untuk router.  Jadi nanti ip laptop harus satu subnet. Disini saya mengatur ip untuk routernya mengguakan ip dari default mikrotik (192.168.88.1).


4. Lalu kita colokkan kabe ke interfaces ether 1. Setelah itu kita hard reset mikrotik hingga muncul Directory dari router. Lalu klik Browse kalian pilih paket yang kita download tadi. Lalu ok.


5. Setelah itu kita pilih paket yang ingin diinstall. Disini saya akan menginstall semua paket. Jadi pilih select all. Lalu  install.


6. Lalu tunggu proses install paketnya selesai.


7. Jika sudah selesai kita cancel saja.


8. Terakhir kita cek versi mikrotiknya. Remote mikrotiknya lalu  cek versinya. Jika konfigurasinya berhasil maka versinya akan berubah seperti gambar dibawah. Yang awalnya versinya 6.42 ke 6.44.


F. Refresni
    Teman - teman BLC.

    Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Netinstall MikroTik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel