Sejarah Komputer

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb. Apa kabar semunaya ? semoga sehat, amin. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah komputer dari generasi ke generasi.


B. Latar Belakang
   Sekarang ini kita hidup dizaman modern. Dimana pada zaman sekarang ini telah berkembang teknologi yang canggih dan wajib ada salah satunya adalah komputer. Sebagai seorang IT kita harus tahu tentang apa itu komputer dan sejarah komputer itu sendiri.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet
     3. Ebook Sejarah Komputer

D. Maksud dan Tujuan
     Agar lebih mengenal lagi tentang sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.


E. Pembahasan
    Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan. Masuk dari pengolahan data sesuai dengan proses yang telah dirumuska adalah seorang Brainware yang sedang mengoperasikan komputer (mengolah data) sesuai dengan keinginan dari Brainware tersebut (Proses yang telah dirumuskan). Kata komputer pertama kali digunakan untuk menggambarkan seseorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika dengan atau alat bantu.

Charless Babbage merupakan bapak komputer. Beliau merupakan seorang ahli matematika, filsuf, penemu dan insinyur mesin berkebangsaan inggris. 
Beliau lahir didaerah yang sekarang dikenal sebagai Southwalk, London putra dari Benjamin Babbage seorang banker. Beliau merupakan seorang ahli matematika top di Universitas Cambridge, London. Beliau adalah seseorang yanag mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Babbage menciptakan komputer mekanik peratama yang akhirnya mengarah pada desain elektronik yang lebih kompleks. Banyak juga karya dari beliau dalam bidang yang lain. Bagian dari hasil karya mekanisme beliau yang tidak lengkap diabadikan di Science Museum di London, Inggris. Setelah bekerja selama 40 tahun, beliau meninggal pada usianya yang 79 tahun pada 18 oktober 1871, dan dimakamkan Green Kenasal, London. dan itu adalah sedikit history dari bapak komputer yang menciptakan komputer mekanik pertasma.

PERKEMBANGAN HARDWARE
Secara garis besar, perkembangan Hardware komputer terbagi menjadi dua periode yaitu, pada periode sebelum tahun 1940 dan setelah tahun 1940. Perkembangan sebelum tahun 1940 merupakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik. Baru pada tahun 1617, Jhon Naiper metode Logaritma yang dinamakan Naiper's Bones. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan , perkalian, dan pembagian.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 - 1959)

ENIAC
Pada tahun 1943, sistem komputasi ENIAC dibangun oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert di Sekolah Teknik Elektro Moore University of Pennsylvania. ENIAC memiliki kelebihan yaitu ia lebih dari 1.000 kali lebih cepat daripada komputer sebelumnya. ENIAC menggunkan transmisi dari panel ke panel dan switch untuk pemrograman, dan memiliki ukuran lebih dari 1.000 kaki persegi dan menggunakan sekitar 18.000 dan berat 30 ton.

EDVAC
John Von Neuman merupakan penemu komputer Electronic Discete Variable Automatic Computer (EDVAC). Komputer ini adalah salah satu komputer elktronik paling awal.

ENIVAC 1
Univac 1 adalah komputer komersial pertama yang menarik perhatian publik luas. Meskipun diproduksi oleh Remington Rand, mesin itu sering keliru disebut sebagai "IBM Univac." Komputer Univac digunakan dalam banyak aplikasi yang berbeda tetapi utilitas, perusahaan asuransi dan militer AS adalah pelanggan utama. Seorang sarjana Alkitab bahkan menggunakan Univac 1 untuk menyusun konkordansi dengan versi Alkitab King James. Dibuat oleh Presper Eckert dan John Mauchly - perancang komputer ENIAC sebelumnya - Univac 1 menggunakan 5.200 tabung vakum dan beratnya 29.000 pound. Remington Rand akhirnya menjual 46 Univac 1s lebih banyak masing-masing dari $ 1 juta.

KOMPUTER GENERASI KEDUA (1959 - 1964)
Jenis komputer yang muncul pada generasi kedua, salah satunya adalah UNICAV III.
Pada Generasi kedua, komputer memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
1. Menggunkan teknologi sirkuit transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum.
2. Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTAN dan COBOL.
3. Kapasitas memori utama  dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
4. Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.
5. Kemampuannya melakukan proses real time, dan real sharing.

KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964 - 1970)
Pada generasi ketiga ini, Integrad Circuit (IC) menjadi ciri utama pada sebuah perangkat komputer karena sering digunakan hingga generasi sekarang.
Pada Generasi ketiga, komputer memiliki ciri - ciri sebagai berikut :
1. Karena menggunakan IC komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hamoir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
2. Peningkatan dari sisi software.
3. Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
4. Penggunaan listrik yang lebih hemat.
5. Kemampuan multiprocessing dan multitasking.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1964 - 1970)
Pada komputer generasi ini masih sama - sama menggunakan IC, namun oada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Ada juga perkembangan lain yaitu penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan hingga ratusan ribu IC yang kemudian dikembangkan lagi menjadi micropocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal. Pada generasi ini tampilan monitor masih satu warna hijau (green color).

KOMPUTER GENERASI KELIMA (1980 SAMPAI SEKARANG)
Pada tahun 1980 Internasional Business Machine membuat sebuah komputer personal (PC) secara massal pada tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standard komputer PC. Processor yang digunakan pada generasi adalah 8088/8086 yang menjadi standard komputer saat ini. Dengan lahirnya komputer generasi kelima ini, IBM bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan software didalamnya. Pada tahun 1993 intel memperkenalkan keluarga prosessor 586 yang disebut pentium 1, dan terus dikembangkan menjadi pentium 2,3, dan 4.

F. Refrensi
Ebook sejarah komputer.pdf
https://en.wikipedia.org/wiki/Computer
https://en.wikipedia.org/wiki/Charles_Babbage
https://www.computerhistory.org/timeline/search/?q=Generation+2



G. Penutup
    Sejarah tentang komputer saya cukupkan. Mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Sejarah Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel