Networking Model TCP/IP

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, apa kabar guys? kali ini saya akan membahas tentang TCP/IP.


B. Latar Belakang
     Ingin mempelajari tentang TCP/IP.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan
     Menjadi lebih paham tentang TCP/IP.

E. Pembahasan
   Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) merupakan standar komunikasi yang digunakan untuk tukar - menukar data dari komputer satu ke komputer yang lain dalam jaringan inteernet. Protocol ini tidak berdiri sendiri karena merupakan protocol suite (kumpulan dari protocol).  Sebelum adanya model network salah satunya TCP/IP, setiap vendor membuat standar priority mereka sendiri. Contohnya IBM dengan networking modelnya yaitu System Network Arshitecture (SNA) pada tahun 1974. Begitu pula dengan vendor lainnya, mereka berkompetisi menciptakan networking model terbaik. Tentu ini bukan merupakan hal yang baik, akhirnya Organization of Standaritation (ISO) mengambil peran untuk mengatasi ini dengan cara membuat Networking model yaitu OSI. Selain ISO ada organisasi lain yang mengembangkan Networking moidel dengan tujuan yang sama dan dengan arsitektur model yang hampir mirip yaitu Departement of Defence (DoD). Model ini biasa kita kenal dengan TCP'IP. Sama seperti halnya Model OSI, TCP/IP juga memiliki layer, hanya saja pada TCP/IP hanya ada lima layer yaitu Application, Transport, Network, Data Link, dan Pyshical Layer.

1. Application Layer
Layer ini berfungsi untuk penyedia program untuk aplikasi pengguna dan bertugas antara pertukaran informasi antara program komputer. contoh protokolnya yaitu HTTP, HTTPS, TelNET, dan FTP.

2. Transport Layer
Layer ini berfungsi untuk mengatur aliran data dari Host ke Host. Contoh protokol dan layanan yang digunakan adalah TCP dan UDP.

Protocol TCP (Transmission Control Protocol)
Protocol pada transportation layer yang paling umum digunakan pada jaringan internet, karena kelebihannya yaitu adanya koresksi kesalahan. Dengan menggunakan protocol TCP proses pengiriman data akan terjamin karena disebabkan oleh adanya flow control. Flow control menentukan kapan data harus dikirim kembali, dan menghentikan pengiriman data paket sebelumnya, sampai data berhasil dikirim kembali.



Protocol UDP (User Data Program)
UDP sendiri merupakan salah satu protocol pada TCP. UDP menggunakan model komunikasi tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang mengunakan protocol TCP. UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan ke sebuah protokol lapisan selanjutnya dengan menggunakan protocol TCP/IP. Header dalam datagram UPP berisi IP Address. Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai Datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan "Acknowledgment". Contoh dari yang menggunakan layanan servis UDP salah satunya adalah Game Online.

3. Network Layer 
Layer ini berfungsi untuk memberikan layanan Virtual Network pada intenet. Contoh protocol dan layanannya IP, ICMP, IGMP, ARP, dan RARP. Namun IP adalah protocol yang paling penting karena ip memberikan fungsi routing pada jaringan dalam pengiriman data.

4. Data Link Layer
Layer ini disebut juga layer link yang merupakan perangkat keras pada jaringan. Media atau hardwarenya adalah NIC (Network Interface Card). Contoh protokol dan layanan yang digunakan adalah Ethernet, Slip, dan IEEE 802.2.

5. Pyshical Layer
Lapisan ini merupakan lapisan fisik yang bertugas mentransmisikan data yang berupa serangkaian bit dengan media transmisi salah satunya adalah kabel. Contoh protocol yang diterpakan adalah RS 232.

F. Refrensi
Ebook Model Refrensi TCP/IP

    Nah itu dia sedikit penjelasan tentang TCP/IP. Semoga bermanfaat see you next time guys...

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Networking Model TCP/IP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel