Konfigurasi DHCP Debian 8 Jessie

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali lagi bersama saya di MY BLOG. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan mensharing tentang konfigurasi DHCP Server pada debian.


B. Latar Belakang
    Melakukan konfigurasi DHCP Server untuk melakukan service distribusi parameter IP secara otomatis.

C. Alat dan Bahan
    1. PC.
    2. Virtualbox.

D. Maksud dan Tujuan
     Menjadi paham tentang  bagaimana cara konfigurasi DHCP Server.

E. Pembahasan
   DHCP merupakan singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Sebuah protocol yang berfungsi untuk mendistribusikan parameter IP secara otomatis. Sedangkan apa DHCP Server adalah sebuah server yang terkonfigurasi DHCP yang nanti si server tersebut akan memberikan parameter IP secara otomatis kepada komputer client yang merequest. Bayangkan saja sebuah topologi dengan client yang berjumlah 500. Jika harus mengkonfigurasi static IP pasti akan sangat merepotkan. Maka dari itu, DHCP menjadi solusinya.

   Untuk cara kerjanya sendiri ada 4 yaitu DORA (Discover, Over, Request, Acknowledgement). Discover adalah bila mana si client mengecek pada si server terdapat IP atau tidak. Lalu Over adalah bila mana si server mengirim balasan pada si client bahwa disini terdapat IP. Kemudian Request adalah bila mana  si client merequest IP pada si server. Lalu terakhir adalah Acknowledgement adalah si server mengirim parameter IP pada si client yang merequest IP tadi. Nah itu merupakan cara kerja dari DHCP. Lalu bagaimana konfigurasinya pada debian ?

1. Kita install dulu package DHCPnya. Ketikkan command apt-get install isc-dhcp-server. Karena saya menggunakan repository offline untuk packagenya ada di DVD2. Kemudian kita konfigurasi DHCPnya. Ketikkan command nano /etc/dhcp/dhcpd.conf. Lalu cari kalimat A Slightiy dengan cara tekan ctrl + w lalu tulis kalimat yang ingin dicari. Jika sudah hapus semua tanda # dan ubah parameter ipnya seperti gambar dibawah. Kemudian save, tekan ctrl x + y.


2. Kemudian kita tentukan interface yang diinginkan untuk menjadi DHCP. Ketikkan command nano /etc/default/isc-dhcp-server. Kemudian cari dibagian paling bawah INTERFACES="  ". Isi " " dengan interfacenya kemudian save, tekan ctrl x + y.


3. Setelah itu kita restart. Ketikkan command /etc/init.d/isc-dhcp-server restart.


4. Kemudian cek pada terminal linux kalian. Bisa dilihat pada gambar dibawah interface vboxnet0 ip address sudah sesuai dengan yang kita konfigurasi, itu artinya berhasil.


F. Refrensi
     Ebook Konfigurasi Debian Server by Aji Kamaludin.

     Nah, itu dia sekian sharing dari saya. Mohon maaf jika ada salah kata, dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Konfigurasi DHCP Debian 8 Jessie"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel