Data Link Layer

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, selamat malam semuanya kali ini kita akan melanjutkan tentang Layer OSI kedua yakni Data Link Layer.


B. Latar Belakang
     Ingin memngetahui proses yang terjadi pada Data Link Layer.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan
     Agar lebih mengerti dan paham proses pada Data Link Layer.

E. Pembahasan
    Data Link Layer merupakan lapisan kedua pada model Osi. Pada data link layer terdapat proses pengkonversian paket menjadi frame-frame yang berisi data yang mendeteksi kesalahan lalu mentrasmisikan ulang pada data yang terjadi kesalahan atau gagal.
   MAC Address diimplementasikan pada layer ini. MAC Address merupakan alamat sebuah komputer, interface komputer, dan node-node lainnya. Pengalamatan MAC Address diterapkan pada sebuah NIC (Network Interface Card). MAC Address bekerja dengan cara mengizinkan perangkat-perangkat pada jaringan berkomunikasi antara satu dengan lainnya. Sebagai salah satu contohnya adalah komunikasi antara jaringan berbasis Ethernet, pada setiap header pada frame memiliki MAC Address dari komputer awal (Pengirim) dan MAC address dari komputer tujuan (penerima). MAC Address terdiri dari kumpulan angka dan huruf (40:3e:aa:9d:25:10).
     Perangkat yang digunakan pada Data Link Layer adalah bridge atau switch pada segment jaringan LAN. Bridge dan Switch membuat collision domain terpisah pada setiap node agar tabrakan antara paket data bisa dihindari.

F. Refrensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_taut_data
https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_MAC
https://jaringankomputerawal.wordpress.com/physical-layer/data-link-layer/

    Nah itu dia sedikit pembahsan tentang Data Link Layer. Maaf jika ada kekerungan dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Data Link Layer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel