Application Layer

A. Pendahuluan
     Assalamualaikum wr.wb, selamat malam semuanya kali ini kita akan melanjutkan pada model osi ke tujuh yaitu Application Layer.


B. Latar Belakang
     Ingin mempelajari lebih dalam tentang Application Layer.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Internet

D. Maksud dan Tujuan
     Dapat mengetahui tentang proses yang terjadi pada Applicaton Layer.

E. Pembahasan
   Application Layer merupakan salah layer ketujuh pada model osi. Application layer berfungsi sebagai alat pengumpul informasi data yang dikirimkan melalui jaringan. Application Layer mengumpulkan data yang diterima dan ditampilkan dalam aplikasi tertentu (jika berperan sebagai receiver).  Jika  berperan sebagai transmiter, Application layer mengirim data kepada Presentation Layer kemudian data ditranslatekan kedalam bentuk jaringan. Fungsi lainnya adalah sebagai interface untuk menampilkan data dan informasi.

     Protokol yang dipkai pada aplication Layer :

1. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
  Merupakan protocol yang digunakan pada web browser untuk mengakses web server untuk mengakses sebuah halaman situs website. Contohnya www (world wide web) yang menggunakan protocol internet TCP/IP dan biasanya menggunakan port 80.

2. HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure)
   Protocol ini merupakan pengembangan daru protocol HTTP yang lebih aman, dan secure sehingga data yang diakses oleh client lebih aman dan juga tidak terlacak oleh orang lain.  Seperti halnya HTTP, HTTPS juga menggunakan protocol internet TCP/IP dan biasanya menggunakan port 443.

3. DNS (Domain Name Server)
    Merupakan sebuah protocol yang menerjemahkan nama domain dari pada IP numerik agar lebih mudah dihafalkan. Biasanya menggunakan port 53.

4. FTP (File Transfer Protocol)
  Merupakan sebuah protocol yang berfungsi uuntuk mengirimkan atau mentransfer data didalam sebuah jaringan. Dengan menggunakan protocol ini, user tidak perlu lagi repot - repot mentransfer data kepada komputer lainnya dengan menggunakan flashdisk. Biasanya menggunakan Port 21.

5. TELNET (Telecomunication Network)
  Merupakan sebuah protocol yang digunakan untuk melakukan akses jarak jauh. Biasanya menggunakan port 107.

6. DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
   Merupakan sebuah protocol yang digunakan untuk membantu konfigurasi terhadap alamat IP dari komputer dalam sebuah jaringan.

F. Refrensi

    Nah itu dia penjelasan sedikit tentang Application Layer. Mohon maaf bila ada keslahan dan semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb

0 Response to "Application Layer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel